Penggunaan Problem Based Learning  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Dewa Zulkhi Institut Agama Islam Abuya Salek Sarolangun Author
  • Dewi Sutria SDN 47 Kota Jambi Author
  • Yelma Erni SDN 47 Kota Jambi Author

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik salah satunya adalah variasi model  pembelajaran.. peneliti menggunakan Model Problem Based Learning untuk membantu peserta didik lebih memahami materi pecahan penjumlahan. Penelitian ini dilakukan betujuan agar dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning, Subjek penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 47/1 Kota Jambi kelas V yang berjumlah 36 peserta didik Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas saat pelaksanaanya menggunakan siklus I dan siklus II. Setiap siklus yang dilaksanakan menggunakan Teknik pengumpulan data tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian observasi yang dilaksanakan meningkatan terlihat pada kondisi awal peserta didik yang telah tuntas. Sebanyak 10 peserta didik (30,43 %), pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 16 peseta didik (34,78%), pada siklus II peserta didik yang memiliki ketuntasan sebanyak 27 peserta didik (82,60%).

References

Arnidha, Yunni, et al. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran matematika, Jurnal Edumath, Volume 4. No. 2, Him. 46-51,

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Zulkhi, M. D. (2022). Response, Peace-Loving Characters and Homeland Love Characters: Integrating Traditional Game of Petak Umpet. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 275-294.

Fatmawati, dkk. (2020), Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Sd Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pb). Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5, No 2.

Jayanti et al. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Dan Berbantuan Media Kartu Pecahan Pada Peserta Didik Kelas V/B Sdn-2 Bukit Tunggal Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018, Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 4 Nomor 2. (1-8)

Juliawan, Gede Adi, et al. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (Phi) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas III, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Vol: 5, No: 2

Mustamiin & M. Zainal (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Matematika Peserta didik Kelas V SDN 5 Banyumulek Kabupaten Lombok Barat, Jurnal Visionary (VIS) Prodi AP, Vol 9, No 1

Novitawati, et al. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Melalul Model Problem Based Learning Dengan Kombinasi Numbered Heads Together Pada Peserta didik Kelas IV SDN Mawar 7 Banjarmasin, Jurnal Paradigma, Vol 9, No 2,

Nurbaya, S. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah Melalui model problem based learning (PBL) pada Pembelajaran tematik kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106-113.

Sabil, H., Asrial, A., Syahrial, S., Robiansah, M. A., Zulkhi, M. D., Damayanti, L., ... & Ubaidillah, U. (2021). Online Geoboard Media Improves Understanding of Two-dimensional Flat Shape Concepts in Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(4), 685-691.

Surya. Yenni Fitra (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasıl Belajar Matematika Peserta didik Kelas LV SDN 016 Longgini Kabupaten Kompar, Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No. 1.

Yamin, M. D. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas IV SDN Lamsayeun. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 3(2).

Yustianingsih, Rizza, dkk. September 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PHI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII, Jurnal JNPM (Jumal Nasional Pendidikan Matematika), Vol. 1, No. 2, Hal. 258,

Zulkhi, M. D., Yulistranti, A. E., & Damayanti, L. (2023). Pengaruh Pengintegrasian Teknologi Media Kahoot Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(2), 253-261.

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penggunaan Problem Based Learning  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. (2024). Al-Hasani: Journal of Islamic Studies, 1(2), 31-37. https://www.journal.iaiabsasarolangun.ac.id/alhasani/article/view/50

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.