Analisis Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Islam
Keywords:
Bimbingan Konseling, Penidikan IslamAbstract
Islam memainkan peran penting dalam membentuk kepribadian positif bagi para pengikutnya. Agama ini menyediakan panduan dan arahan yang jelas menuju kehendak Tuhan, dengan menanamkan karakter yang baik sesuai dengan ajaran Al-Quran dan As-Sunnah. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana bimbingan dan konseling diterapkan dalam konteks pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research), yang melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber seperti jurnal dan buku. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan informasi relevan dari literatur yang tersedia. Metode analisis data yang diterapkan adalah analisis isi, yang digunakan untuk memproses informasi yang telah dikumpulkan secara terstruktur. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pendekatan Islam, praktik konseling berfungsi untuk membimbing klien mencapai kebenaran serta mengarahkan hati, pikiran, dan keinginan manusia menuju perilaku baik yang dipengaruhi oleh nilai-nilai ajaran Islam.
References
Habsy All, B. (2017). Filosofi Ilmu Bimbingan Dan Konseling Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(1), 1–11.
Hadi, S. (2017). Peran Dan Tanggung Jawab Staf Sekolah Dalam Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa. Jurnal Tatsqif, 15(2), 211–222.
Jamilah and Ihwan Ihwan, S. (2021). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Islami dalam Pendidikan Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 3(1), 13–21.
Jamilah, S. (2015). Bimbingan Konseling dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam. KREATIF: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 13(1), 30–40.
Kudus, H. H. A. (2022). Implementasi Bimbingan Konseling Dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 32(1), 1–11.
Lianawati, A. (2017). Implementasi Keterampilan Konseling Dalam Layanan Konseling Individual. 3.
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(1).
Nurmelly, N. (2011). Peran Agama Dalam Bimbingan dan Konseling. Widyaswara Muda.
Ramadhan and Siti Bahiroh, C. S. (2021). Pemahaman Guru Bimbingan Konseling Tentang Nilai-Nilai Religiusitas Islam dan Implementasinya Dalam Bimbingan dan Konseling Kelompok. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 15–42.
Restu, and Herdi-Herdi, A. (2021). Studi Literatur: Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Penyelenggaraan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 5(1), 50–56.
Soleha Dewi Purnama Sari, and Rini Puspitasari, S. (2023). Kajian Konseptual Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Islam Di Madrasah Aliyah Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3).
Sukardi. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi Dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Sukatin, Nurkhalipah Nurkhalipah, Ayu Kurnia, Delfa Ramadani, and Fatimah Fatimah, S. (2022). Bimbingan dan Konseling Belajar. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 1278–1285.
Tika, E. (2020). Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.589
Vianda, D. (2015). Peran Agama Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 1(2), 50–60.
Wahyuni, E. D. S. (2022). Bimbingan Dan Konseling Di Era Disrupsi. WIDYA DIDAKTIKA-Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 12–21.
Wijaya, Unang Wahidin, and Ali Maulida, M. A. (2019). Upaya Musyrif Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim: Studi Kasus Pada Santri Ma’had Huda Islami Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2018-2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 11–21.
Yuhana and Fadlilah Aisah Aminy, A. N. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79–96.

This work is licensed under a