KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL FARABI DAN IBNU KHALDUN

Authors

  • Shofiatul Fuadah UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN Author
  • Shafa Salsabil Afifah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Author
  • Sofan Falsafat UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Author
  • Wahyu Hidayat UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Author
  • Dina Indriana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Author

Keywords:

Konsep Pemikiran, Pendidikan Islam, Al-Farabi, Ibnu Khaldun

Abstract

Tujuan dari metode penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang ide-ide pendidikan Islam menurut al Farabi dan Ibnu Khaldun. Al-Farabi adalah seorang filsuf Muslim yang berpengaruh dalam filsafat Islam. Ia merupakan penerus tradisi intelektual al-Kindi, namun dengan kompetensi, kreativitas, kebebasan berpikir, dan kecanggihan yang lebih besar. Al-Farabi memberikan dasar-dasar filsafat Islam secara sistematis dan terperinci, dengan mengambil dasar teori Penggerak Pertama Aristoteles, yang juga dikenal sebagai Teori ini, dan membuka filsafat Islam dengan cara yang baru. Pemikiran Ibnu Khaldūn berbeda dengan pemikiran lainnya karena beliau adalah seorang ilmuwan Islam yang mengembangkan landasan pendidikan Islam yang sistematis dan terperinci. Ibnu Khaldūn mengungkapkan pendapatnya tentang pendidikan bahwa harus ada hubungan yang erat antara pendidik dan peserta didik.

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL FARABI DAN IBNU KHALDUN. (2024). Al-Hasani: Journal of Islamic Studies, 1(1). https://www.journal.iaiabsasarolangun.ac.id/alhasani/article/view/3

Similar Articles

1-10 of 25

You may also start an advanced similarity search for this article.