KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL FARABI DAN IBNU KHALDUN
Keywords:
Konsep Pemikiran, Pendidikan Islam, Al-Farabi, Ibnu KhaldunAbstract
Tujuan dari metode penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang ide-ide pendidikan Islam menurut al Farabi dan Ibnu Khaldun. Al-Farabi adalah seorang filsuf Muslim yang berpengaruh dalam filsafat Islam. Ia merupakan penerus tradisi intelektual al-Kindi, namun dengan kompetensi, kreativitas, kebebasan berpikir, dan kecanggihan yang lebih besar. Al-Farabi memberikan dasar-dasar filsafat Islam secara sistematis dan terperinci, dengan mengambil dasar teori Penggerak Pertama Aristoteles, yang juga dikenal sebagai Teori ini, dan membuka filsafat Islam dengan cara yang baru. Pemikiran Ibnu Khaldūn berbeda dengan pemikiran lainnya karena beliau adalah seorang ilmuwan Islam yang mengembangkan landasan pendidikan Islam yang sistematis dan terperinci. Ibnu Khaldūn mengungkapkan pendapatnya tentang pendidikan bahwa harus ada hubungan yang erat antara pendidik dan peserta didik.

This work is licensed under a