Pengaruh Pola Tinggal Terhadap Kemampuan Menghafal Al Qur’an : Studi Komparatif Antara Santri Mukim Dan Non Mukim
Keywords:
santri, studi komparatif, hafalan al quranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil hafalan al Quran santri mukim dan non mukim di pondok pesantren shohibul muslimin serang. Penelitian ini memakai studi komparatif. Subjek dari penelitian ini yaitu santri kelas 11 yang teridiri dari 34 santri namun sampel yang diambil hanya 5 santri mukim dan 5 santri non mukim. Penelitian ini menggunakan Teknik pegumpulan data tes hafalan dengan penguji yang ahli. Data tersebut dianalisi dengan uji analisis prasyarat mencakup uji homogenitas dan uji normalitas, uji independent sample T-test. Maka berdasarkan hasil penelitian tersebut mengindikasikan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil hafalan al quran santri mukim dan non mukim pondok pesantren shohibul muslimin. Maka terlihat dari rata rata hasil tes hafalan al quran santri mukim 8,50 dan rata rata hasil tes hafalan al quran santri non mukim 7,40. Dan hasil uji Independent Sample T-test memperoleh hasil nilai sig nya 0,025 < 0,05 yang memiliki makna bahwa nilai Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan hasil tes hafalan al quran pada santri mukim dan santri non mukim.
References
Abdurrahman, Mulyono. n.d. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Arsyi Miranda. 2018. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar.
Fadli, Tajul, Rumbang Sirojudin, Supardi Supardi, and Wasehudin Wasehudin. 2023. “Pengaruh Penerapan Metode Talaqqi Dan Takrir Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri.” COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2 (11): 2848–61. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i11.654.
Haryanto STAI Hubbulwathan Duri, Rudi. 2017. “Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren Musthafawiyah Di Era Globalisasi (Studi Kasus Pondok Pesantren Musthafawiyah).” Jurnal Pendidikan-ISSN 9 (2): 2597–2940.
Oktapiani, Marliza. 2020. “Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 95–108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861.
Rahman, Rahman. 2023. “Implementasi Metode Sorogan Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di MI Wali Songo Tuban Jawa Timur.” Journal of Islamic Education Management & Research (JIEMR) 1 (1): 8–16. https://doi.org/10.51178/jiemr.v1i1.1374.
Raidatam Mardiyah, Nurmisda Ramayani, and Satria Wiguna. 2022. “Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kampung Qur’an Pulau Banyak.” Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 1 (4): 143–54. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.449.
Rika Widianita, Dkk. 2023. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Sd Islam Riyadhul Jannah Depok.” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam VIII (I): 1–19.
Ruhdiyanto, Didit, Badru Sohim, Shaleh Afif, Novi Ardilah, and Syeha Bagja Ubaydillah. 2024. “Peran Kiai Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Pagelaran III.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7 (3): 2638–44. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4037.
Siti Lutfiyyah. 2024. “Metode Muroja’ah Bagi Hafalan Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Tambusa 8 (1): 9182–89.
Tamlekha, Tamlekha. 2021. “Al Qur’an Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan.” Basha’Ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir 1 (1): 105–15. https://doi.org/10.47498/bashair.v1i2.844.

This work is licensed under a