Pengaruh Feminisme Terhadap Perspektif Gender Dalam Pendidikan Islam
Keywords:
Pendidikan, Perempuan, GenderAbstract
Penelitian ini melihat dinamika gender dalam pendidikan agama islam dari sudut pandang penelian buku. Latar belakang penelitian mencakup sejarah pendidikan agama islam yang berkembang selama bertahun-tahun. Yang mecerminkan pergeseran norma gender dan peran gender dalam kelompok orang mslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan kontemporer terkait gender dalam pendidikan agama islam. Serta memahami bagaimana perspektif gender berbeda dalam pendidikan agama islam diberbagai budaya dan wilayah geografis. Analisis literatur, dokumen sejarah dan penerapan teori yang relevan adalah bagian dari metodologi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode gender berbeda
References
Amali, Subhi Amali, and Andewi Suhartini, ‘Pembebasan Kaum Perempuan Dalam Tradisi Pendidikan Islam: Analisis Historis Dan Kontemporer’, Tsaqafatuna, 6.1 (2024), pp. 44–53, doi:10.54213/tsaqafatuna.v6i1.391
Az-Zahroh, S. F., Thaariq, Z. Z. A., Surahman, E., Widyasari, C. M., Qolbi, M. S. U., & Diana, R. C. (2019). Developing ethic game (Ethnomathematics Game): The instructional media of culture mathematics with tringo by Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 26(2), 43-50.
Diana, R. C. (2013). Ar Qurani (Al Ibrah Qurani): Upaya Internalisasi Nilainilai Qurani Pada Anak Muslim Indonesia Berbasis Modul Kisah Teladan Al Quran. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(3).
Diana, R. C., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2019). Konsep pembelajaran TRINGO pada mata kuliah model pengembangan kurikulum. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 90-95.
Kuswandi, D., Setyosari, P., Hutkemri, H., Suryati, N., Chusniyah, T., Diana, R. C., & Nurdiansa, E. S. (2020, October). Development Of Life-Based Curriculum Model Designs In The Global Era. In Proceeding on International Conference of Science Management Art Research Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 26-32).
Khoirunnisa, K., Diana, R. C., Thaariq, Z. Z. A., Nugroho, A. P., & Mahendra, R. (2020). The Sustainability of The Assessment Result on The Implementation of Early Childhood Learning in Kindergarten Within The Formal Scope In Covid Era. International Webinar Series-Educational Revolution in Post Covid Era, 82-91.
Pertiwi, A. K., Cahyani, S. S. A., Diana, R. C., & Gunawan, I. (2018, October). The leadership of Kyai: A descriptive study. In 3rd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2018) (pp. 121-126). Atlantis Press.
Surahman, E., Ulfa, S., Husna, A., Slamet, T. I., Qolbi, M. S. U., Setiawan, A. B., ... & Diana, R. C. (2019, October). The Effect of Blended Training Model to Improving Learning Outcomes: A Case in Micro Learning Object Training. In 2019 5th International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 33-38). IEEE.
Suryati, N., Kuswandi, D., Setyosari, P., Chusniyah, T., Diana, R. C., & Nurdiansa, E. S. (2020, December). Curriculum Development of Postgraduate Study Program Based on Life-Based Learning Philosophy and Disruption Technology. In 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020) (pp. 434-436). Atlantis Press.
Yunita, Astika Trisna, ‘Dinamika Gender Dalam Pendidikan Agama Islam’, GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3.5 (2023), pp. 115–25

This work is licensed under a