Pengembangan Intrument Evaluasi Tarkib pada Pembelajaran Bahasa Arab
Keywords:
Bahasa Arab, Tarkib , Evaluasi, PembelajaranAbstract
Tulisan ini membahas pentingnya pengembangan instrumen evaluasi tarkib (struktur gramatikal) dalam pembelajaran bahasa Arab, yang merupakan aspek krusial dalam memahami dan menyusun kalimat yang bermakna. Pembelajaran tarkib mencakup latihan dalam membentuk kalimat majemuk dan penerapan aturan i'rab, serta penguasaan elemen dasar kalimat seperti subjek, predikat, objek, dan keterangan. Tes pemahaman dan penggunaan tarkib dirancang untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam menyusun kalimat dan menerapkan pengetahuan struktur kalimat dalam konteks praktis. Artikel ini juga menguraikan berbagai tingkatan penguasaan tarkib, mulai dari pemula hingga tingkat lanjut, serta metode pengajaran yang dapat digunakan. Ditekankan bahwa instrumen evaluasi yang efektif dan adaptif sangat diperlukan untuk mengukur kemampuan siswa secara objektif, sehingga dapat meningkatkan kompetensi linguistik dan kemampuan berpikir logis siswa.
References
Betania, Betania, Asep Eka Nugraha, and Nur Sulistyo Mutaqim. “Implementasi Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini Kelompok B Di Paud Sengiang Indah Desa Tumbak Raya Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi.” Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2022): 19–27. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i1.733.
Chiari, Nisrina Nur, and Reza Ahmad Zahid. “Rekonstruksi Pembelajaran Kitab Kuning Untuk Mewujudkan Kemahiran Santri Dalam Memahami Kitab Kuning Di Lembaga Lajnah Bahtsul Masa-Il (LBM) Al-Mahrusiyah Putri.” Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 2, no. 2 (2019): 183–92. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.1010.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1 (2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Farihatun, Luthfi, Nisa ’ Bety, Istif Fani, Dan Arya, and Wahyu Pratama. “Kitab Turats Sebagai Solusi Efektifitas Pembelajaran Mata Kuliah Tarkib Ibtida’I Di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang.” Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 2 Peran Mahasiswa Bahasa Arab Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, 2020, 499–514.
Ibadurrahman, Asmal May, and Hikmah. “Analisis Evaluasi Tarkib Dan Mufradat Di Soal Ujian Madrasah Bahasa Arab MA TP 2020-2021 Dan TP 2021-2022.” INTIFA: Journal of Education and Language 1, no. 1 (2024): 53–69. https://doi.org/10.62083/7qghk668.
Kusuma, Alam Budi. “Pendekatan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.” Sustainability (Switzerland) 11, no. 1 (2019): 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.
Labib, Ahmad, and Dewi Hajar Windi Antika. “Pengembangan Instrumen Penilaian Qawaid Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia 05, no. 02 (2022): 1–18. https://intancendekia.org/jurnal/index.php/JPIn/article/view/388.
Maghfirah, Ulfa, Ahmad Miftahuddin, and Nailur Rahmawati. “Pengembangan Buku Penunjang Pembelajaran Tarakib Bahasa Arab Berbasis Metode Mnemonic Untuk Siswa Kelas X MA/SMA Sederajat.” Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 9, no. 1 (2020): 38–50.
Muhammad Reizkie Fachrul. “Analisis Instrumen Evaluasi Pada Soal Tarkib Dan Mufrodat Kelas VIII Buku Kementrian Agama 2020.” INTIFA: Journal of Education and Language 1, no. 2 (2024): 150–58. https://doi.org/10.62083/2pt6wm17.
Nufus, Hayati, Erlina Erlina, Koderi Koderi, Mahendra Utama Cahya Ramadhan, and Nopiyanti Nopiyanti. “Development of Tarkib Teaching Materials Based on Motion Graphic in Islamic Junior High School l Tatwir Al-Mawad Al-Tarkibiyyah ‘ala Asas Al-Rasum Al-Mutakharrikah Bi Al-Madrasah Al-Mutawassitah Al-Islamiyyah.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 14, no. 1 (2022): 40–57. https://doi.org/10.24042/albayan.v14i1.7145.
Rahmaini. “Keterampilan Dasar Berbahasa Arab Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Rahmaini.” Journal on Education 05, no. 04 (2023): 17371–77.
Rahmi, Novita. “Problematika Penerapan Sistem Nazhariyyah Al Wahdah Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Se-Kota Metro Tahun 2018.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 21, no. 01 (2019): 61. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i01.1253.
Syamaun, Nurmasyithah. “Pembelajaran Maharah Al-Kalam Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara.” LISANUNA Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 4, no. 2 (2015): 343–59. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/412.
Syifa Satia Salsabila, Edi Komarudin, Dayudin. “Frasa Nomina Dalam Bahasa Indonesia Dan Tarkib Ismi Dalam Bahasa Arab (Kajian Kontrastif),” 2021.
Wasim, Arif Al. “Pemikiran Linguistik Sibawaih ( 147-180 H ) Dan Urgensinya Bagi Studi Islam.” Matan: Journal of Islam and Muslim Society 3, no. 1 (2021): 81–94. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/matan/article/view/3589.

This work is licensed under a