Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Dengan Teori Pembelajaran Interaktif
Keywords:
Pengembangan Media , Android, Pembelajaran InteraktifAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan dan efektifitas media pembelajaran bahasa Arab berbasis android dengan teori pembelajaran interaktif. Jenis penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Desigh, Develop, Implementation, and Evaluate). Instrumen dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Angket Penilaian Ahli Media, Ahli Materi dan Ahli Konstruks, Tes, serta Dokumentasi. Sampel yang digunakan yaitu satu Kelas X sebagai kelas Eksperimen uji coba skala besar dengan jumlah siswa 15 orang. Data dianalisis secara kuntitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kelayakan media pembelajaran berbasis android dapat dilihat dari penilaian rata-rata uji validasi Materi sebesar 98,65%, uji validasi Media sebesar 92,5%, uji validasi Konstruks sebesar 96,7%. Uji kelayakan media pembelajaran berbasis android tersebut masing-masing tergolong dengan kriteria sangat layak. (2) Efektifitas media pembelajaran android dalam meningkatkan hasil belajar terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran android.
References
."أهمية وسائل التعليمية في تدريس اللغة العربية لغير الناطقين بها", سيدة مهبارة بيضاء Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI. (2021), hal 223.
Afyuddin, Moh Sholeh, and M. Syamsul Maarif. 2023. “Listening Learning Strategy Used by Arabic Education Students.” Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 6 (1): 138–66. https://doi.org/10.58223/alirfan.v6i1.6617.
Afyuddin, Moh Sholeh, Rena Rafidania, and Ivan Fajriyanur. 2023. “Arabic Learning Based on Multiple Intelligence at Markaz Arabiyah.” Thariqah Ilmiah11(1):128–41. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v11i1.7614.
Afyuddin, Moh Sholeh, Zezen Almustakim, Bagus Andrian Permata, and M. Syamsul Ma’arif. 2022. “Speaking (Kalam) Learning Strategies Used by Arabic Students at Arabic Courses in Pare.” Asalibuna 6 (01): 15–29. https://doi.org/10.30762/asalibuna.v6i01.2828.
Alamsyah, Zulfian, Moh Sholeh Afyuddin, Eko Budi Hartanto, and M Syamsul Ma’arif. 2022. “Bi ’ Ah Lughawiyah of Al-Azhar Arabic Course in The Socio-Cultural Vygotsky Bi ’ Ah Lughawiyah Lembaga Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Dalam Sosio-Kultural
Agustomi dkk. 2022. “Pemanfaatan Media Berbasis Ispring Suite Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa,” J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.10 No. 2. https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.02.
Anistalidia. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Fisika.Lampung: UIN Raden Intan.
Auliya Rahman, Arif. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Budiman, Edy. (2019). Mobile Programming for Students. Samarinda: Mulawarman University Press.,
Branchais, Shofilia. 2019. "Validitas Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android pada Materi gelaja pemanasan global kelas XII SMA", Jurnal Inofasi Pendidikan Fisika, Vol.8 No.2.
Fatoni, Wildan. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Android Menggunakan Ispring Dan Website 2 Apk Builder Pada Materi Tekanan Zat Untuk Siswa Smp Kelas VIII” Jember: Institut Agama Islam Negeri Jember.
Fina Fitriana. 2023.“Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Lawang Malang”. Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Gimin, Watri, And Suarman. (2021). Desain Dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Pekanbaru: Taman Karya Anggota Ikapi.
Hala, Natalia Alfriyanti Barek, Irna Karlina Sensiana Blegur, and Siprianus Suban Garak. 2023.“Pemanfaatan Powerpoint dan Ispring Suite Dalam Mendesain Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android”, Jurnal Konten Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 2.
Haliza, Nurul, Vani Hajari, Ulfah Amirah Khairi, and Mhd Dimas Jayadi. 2022.“Pemanfaatan Media Microsoft Powerpoint Yang Menjadi Penunjang Dalam Bidang Pendidikan Dan Perusahaan,” Jurnal Ilmu Komputer Ekonomi dan Manajemen, Vol.2 No.2.
Hamka Ilyas, Sulkifli. 2022."Prosedur Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab". Journal of Arabic Education and Linguistic. Vol 2 No 2.
Hasan, Muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Inayatun Nadzifah, Tia. 2020.“Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas Viii Di Mts Wahid Hasyim 01 Dau Malang.” Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah. 2022
Kusumaningrum, Fera. 2020.“Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Dengan Model Group Investigation Untuk Menyimak Dongeng Pada Kelas Iii Sdn 1 Mayahan.” Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Leo, Yohanes. 2020."Game Edukasi Pengenalan Peta Buta Benua Asia Berbasis Android". Batam, Universitas Putera Batam.
Ma’arif, M. Syamsul. 2019. “Pengembangan Media Kartu Kamal Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab.” Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 2 (2): 258–73. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v2i2.3588.
Nabillah, Tasya, and Agung Prasetyo Abadi. 2019.“Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa”, Prosiding Matetamtika,. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.
Nidak, Khoiru, Ahmad Zubaidi, and Uril Bahruddin. 2023. “Collaborative-Based Tashrif Lughowy in Qiroatul Kutub Learning Using the Reverso.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 15 (2): 508. https://doi.org/10.24042/albayan.v15i2.19440.
Parma Dewi, Ika, Latifa Mursyida, and Agariadne Dwinggo Samala. (2021). Dasar-Dasar Android Studio Dan Membuat Aplikasi Mobile Sederhana. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Partomuan Harahap, Rini. (2022).Android Based Learning Arab. LP2 IAIN Curup. http://book.iaincurup.ac.id.
Putri, Weldani Tiara. 2023."Model ADDIE Branch Dalam Pengembangan E-Learning Biologi".Jurnal on Education, Vol.6 No.1.
Pratama, Aditya. 2021." Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Ispring dan Website 2 Apk Builder Kelas IV Tema 6 di SD/MI ".Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Ruma Bay, Rudolfus.2021.“Penggunaan Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Elementary, Vol.4 No. 2.
Sholihah. 2021.Niswatun. Media Pembelajaran Bahasa Arab Daring. LP2M IAIN Salatiga,.
Shofwatul Fuadah, Amirul Mukminin. 2023.dkk. "الأساس التعليمية لإعداد مواد تعليم اللغة العربية". Cordova Journal Language and Culture. Vol 13, No1.
Sugiyono.(2019).Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Syafrial fachri pane. 2020. Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oralec Apex Online. Bandung:Kreatif Industri Indonesia.
Verawati, and Eny Cosmalasari. 2019.“Pemanfaatan Android Dalam Dunia Pendidikan,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana.
Wijaya, Jaka dkk.(2023).Dimensi Media Pembelajaran. Jambi:PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Wirda, Yendri, dkk.(2020).Faktro Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta:Pusat Kementerian dan Kebudayaan.
Wiwin, Yuliani. 2021."Metode Penelitian Pengembangan (RND) Dalam Bimbingan dan Konseling". Jurnal Quanta, Vol.5 No.3.
Yazid, Ahmad, M. Syamsul Ma’arif, and M. Anang Firdaus. 2023. “The Effect of Duolingo Media Application in Improving Arabic Vocabulary Mastery of Class VIII Students at MTsN 6 Nganjuk.” Al-Wasil 1 (1): 26–49. https://doi.org/10.30762/alwasil.v1i1.754.

This work is licensed under a