Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bagian Bunga Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Fania Khairunnisa Fania Universitas Sriwijaya Author
  • Muliza Ardila Universitas Sriwijaya Author
  • Azzahra Aprilia Putri Universitas Sriwijaya Author
  • Laihat Universitas Sriwijaya Author
  • Najlatul Fathia Universitas Sriwijaya Author

Keywords:

Media Pembelajaran, Interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan inovasi media pembelajaran dalam mengenalkan bagian-bagian bunga kepada siswa kelas 4 SD. Media yang digunakan meliputi gambar ilustrasi, model bunga 3D dan permainan edukatif yang dikombinasikan dalam suatu pendekatan pembelajaran yang menyenangkan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain eksperimen yang melibatkan pengamatan, wawancara, dan evaluasi terhadap respon siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai bagian-bagian bunga secara lebih interaktif dan menyenangkan. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan dalam minat dan keterlibatan dalam pembelajaran sains. Dengan demikian, penggunaan media ajar yang kreatif dan menyenangkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas 4 SD.

References

Alfarizi, M., Nasihudin, N., & Mahmud, M. R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 1989-2000.

Elisabeth, E., & Fitri, R. (2024). Menciptakan Pengalaman Belajar Sains Yang Interkatif Dengan Media Dan Alat Sederhana Di Rumah. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(7), 311-316.

Filindity, Y., & Kayadoe, V. (2020). Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kreativitas Siswa. Science Map Journal, 2(1), 20-23.

Gumilar, E. B. (2023). Problematika Pembelajaran IPA Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 16(1), 129-145.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074.

Kariadi Barus, S. P. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPA Tema 3 Subtema 1 Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI).

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325.

Nurwidayati, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis sparkol videoscribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas IV.

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69-75.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645.

Wulandari, R. M., Widyaningrum, L., & Arini, L. D. D. (2021). Pengaruh Inovasi Cerdas pada Sistem Muskuloskeletal melalui Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3034-3042.

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bagian Bunga Pada Siswa Sekolah Dasar. (2024). Al-Hasani: Journal of Islamic Studies, 1(2), 38-42. https://www.journal.iaiabsasarolangun.ac.id/alhasani/article/view/42

Similar Articles

1-10 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.