Peran Pendidikan Dasar Dalam Membangun Bangsa Yang Bermoral
Keywords:
bangsa bermoral, karakter baik, pendidikan dasarAbstract
Di Indonesia, pendidikan dimulai dari tingkat sekolah dasar. Untuk menghasilkan siswa yang “berkarakter baik” serta kemampuan akademik yang “cerdas”. Hal ini sejalan dengan Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas yang menyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penelitian ini tentang Peran pendidikan SD dalam membangun bangsa yang bermoral. Menurut KBBI (kamus besar Bahasa Indonesia) moral merupakan ajaran tentang baik buruk umum yang diterima mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya; akhlak; budi pekerti membentuk karakter anak sejak dini, serta hal-hal yang mendidik anak menjadi disiplin. Dengan cara Membentuk Karakter dan Kepribadian,Menumbuhkan Etika dan Tanggung Jawab, Menghadirkan Perilaku Negatif, Menciptakan Masyarakat yang Harmonis, Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan, Meningkatkan Kepedulian Sosial Menjaga Keharmonisan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
References
Aminol Rosid Abdullah (2020) Ilmu Pendidika Islam. Malang. CV.Literasi Nusantara Abadi
At-Ta’lim .
Holis Nor M.pd (2020) Menuju Pembelajaran Berkaulitas. Malang. CV.Literasi Nusantara Abadi
Kemdikbud. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lickona,T (2012) educating for character how our schools cba teach respect and responsibility new york bantam book
Melianti, Eva & DKK. 2023. Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar. Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Muhaimin (2011) pendidikan karakter membangun pendidikan perilaku positif bandung remaja rosdakarya
Syahbudin,Rizkan. 2018 Peran Pendidikan Dalam MembangunKarakter Bangsa Yang Bermoral.

This work is licensed under a